Jumat, 28 Oktober 2011

budaya daerah? akankah...........

kalau saya lihat orang sekeliling saya, rasanya jarang sekali mereka ngobrol pake bahasa daerah, kebanyakan ngobrol dengan bahasa baku atau bahasa indonesia formal sekalian.. padahal bahasa daerah juga penting, tariannya, juga kesenian lainnya itu sangat penting.. kalau udah diambil negara lain baru tau rasa deh!
memang saya pun tidak begitu bisa menggunakan bahasa sunda, tapi saya menggunakan bahasa sunda dalam percakapan saya sehari-hari, dan saya sangat menyukai lagu-lagu pop sunda. walaupun keluarga saya bukan orang Sunda asli, tapi saya tinggal di Bandung, dan saya sangat menggemari semua keseniannya.

zaman sekarang, sampai makanan pun senengnya sama makanan luar. padahal makanan-makanan domestik juga lebih enak lho. contohnya rendang, ulukutek leunca, sate kambing, bolu kijing, dodol garut, kikil, nasi uduk, nasi kuning, pepes tahu, dll. tapi kok (yang saya lihat) makanan yang lebih dipilih adalah junkfood dan makanan luar lainnya.

cobalah kita mencintai produk negri sendiri, mulai dari makanan aja. udah berapa sih budaya dan daerah kita yang diambil orang lain? kalian mau 'kan indonesia maju?

1 komentar:

dona puspita mengatakan...

like it :)

Posting Komentar